Berita

img

Sebagai upaya untuk meningkatkan skill dan pengembangan ilmu pengetahuan bagi para perawat akademik (dosen perawat) dan perawat klinis berstandar internasional, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta kembali memperkuat kerjasama dengan institusi internasional. Kali ini STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta melakukan perintisan kerjasama dengan Temasek Foundations dan Ngee Ann Polytechnic Singapore. Perintisan kerjasama ini ditandai dengan penyelenggaraan colaborating meeting antara beberapa perguruan tinggi kesehatan Muhammadiyah /'Aisyiyah dengan Temasek Foundations dan Ngee Ann Polytechnic Singapore di Hall 2 Kampus Terpadu STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta, Kamis (13/12) lalu.

Ms Joanne Ng (Director Temasek Foundation) dan Dr Phang Chiew Hun (Director Ngee Ann Polytechnic) dalam kesempatan tersebut menawarkan beberapa poin kerjasama antara lain mengenai pengembangan sumber daya manusia yang meliputi pelatihan kepemimpinan dan manajemen, pengembangan dan pedagogi kurikulum keperawatan. Selain itu juga mengenai pengembangan networking/jaringan. Participant/peserta yang dilatih adalah para pimpinan institusi pendidikan kesehatan, perawat pendidik (dosen perawat) maupun perawat clinical instructure di rumah sakit. Dalam hal ini Muhammadiyah dan 'Aisyiyah merupakan organisasi besar di Indonesia yang memiliki banyak amal usaha di bidang pendidikan kesehatan maupun rumah sakit. Sehingga sangat tepat bila kerjasama ini bisa terjalin dengan baik.

Lebih lanjut Joanne berharap dari program yang ditawarkan tersebut mampu meningkatkan kemampuan para pendidik keperawatan dan clinicals keperawatan, meningkatkan kapasitas para perawat dan adanya perubahan institusional (pembangunan/peningkatan SOP).

Sementara itu Ketua STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta, Warsiti, S.Kp.,M.Kep.,Sp.Mat dalam sambutanya mengungkapkan bahwa program Pendidikan Keperawatan ini juga merupakan salah satu misi STIKES 'Aisyiyah dalam memberikan kegiatan yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan beragam perawat profesional dalam dunia yang semakin mengglobal. Ini adalah kesempatan bagi kita untuk mendiskusikan poin-poin penting dari 'bertukar pikiran dan memahami kesenjangan dan tantangan untuk pelatihan perawat dalam pengaturan akademik dan praktik' dan untuk mengetahui strategi apa dan bagaimana kita dalam terselenggaranya program ini.

Harapannya dalam pertemuan ini menjadi platform untuk pemikiran pemimpin akademisi dan rumah sakit untuk berbagi ide dan pandangan tentang isu-isu pendidikan perawat profesional dan diharapkan dari semua delegasi, khususnya kepala lembaga, untuk berpikir lebih lanjut tentang tantangan kepemimpinan dan tanggapan dalam program pengembangan pendidikan perawat yang pada gilirannya menginspirasi standar baru dan praktis di lapangan.

Colaborating meeting dalam rangka perintisan kerjasama ini dihadiri lima universitas / rumah sakit Muhammadiyah – yaitu Stikes Aisyiyah Yogyakarta, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, STIKES Muhammadiyah Gombong dan Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Semarang.

Info Kampus

Arsip

Berita Terbaru

Arsip