Mahasiswa-Alumni

img

A. WADAH KEGIATAN KEMAHASISWAAN

Organisasi kemahasiswaan di STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta adalah wahana dan sarana pengembangan diri serta mahasiswa kearah perluasan wawasan dan peningkatan intelektual, peningkatan kemampuan manajerial, penguasaan soft skills serta integritas kepribadian yang dibutuhkan mahasiswa untuk bekal menghadapi kehidupan nyata pada masa depan.

B.  ORGANISASI KEMAHASISWAAN

Organisasi kemahasiswaan yang telah terbentuk di tingkat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Yogyakarta adalah:

  1. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)
  2. Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)
  3. Himpunan Mahasiswa Jurusan
    - HIMIKA (Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan)
    - HIMABIDA (Himpunan Mahasiswa Program Studi Kebidanan)
  4. Pusat Informasi dan Konsultasi Kesehatan Reproduksi Remaja dan Keluarga Sakinah (PIK-KKRRKS)

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) merupakan organisasi kemahasiswaan tingkat STIKES yang mempunyai tugas pokok merencanakan dan melaksanakan kegiatan ekstrakulikuler terutama yang bersifat penalaran dan keilmuan, memberikan pendapat, usulan dan saran kepada pimpinan STIKES terutama yang berkaitan dengan pelaksanaan fungsi dan untuk mencapai tujuan Sekolah Tinggi. BEM merupakan wahana perwakilan mahasiswa dengan masa bakti kepengurusan satu tahun. Keanggotaan BEM adalah mahasiswa tingkat pertama sampai dengan mahasiswa tahun terakhir. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berada dibawah BEM seperti:

  1. Seni : Paduan Suara, Tari, Band, Teater, Fotografi
  2. Olah Raga : Futsal, Badminton, Bola Volley, Basket, Sepakbola, Tenis Meja
  3. Beladiri Karate dan Tapak Suci
  4. ‘Aisyiyah English Club

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) adalah organisasi otonom (ortom) dari Muhammadiyah. Resmi dibawah tanggungjawab Wakil Kuetua II Bidang Kemahasiswaan dan perkaderan STIKES ’Aisyiyah Yogyakarta. Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah merupakan gerakan mahasiswa Islam yang bergerak di bidang keagamaan, kemasyarakatan dan kemahasiswaan, yang bertujuan mengusahakan terbentuknya akademisi Islam ynag berakhak mulia dalam rangka tujuan persyarikatan Muhammadiyah/’Aisyiyah. Keorganisasian, keanggotaan, serta kepengurusan sudah diatur dalam AD/ART Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah. Menurut Struktur Organisasi, IMM Komisariat STIKES ’Aisyiyah Yogyakarta bertanggung jawab langsung kepada Pimpinan cabang IMM.

Untuk ditingkat Program Studi, organisasi kemahsiswaan juga dimungkinkan untuk dibentuk. Untuk saat ini yang sudah ada adalah Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan (HIMIKA) dan Himpunan Mahasiswa Program Studi Kebidanan (HIMABIDA) merupakan organisasi yang dihimpun oleh perwakilan mahasiswa dari Program Studi yang sesuai dengan profesinya. Tugas pokok dari organisasi tersebut adalah mengembangkan kemampuan mahasiswa dibidang akademik khususnya yang berkaitan dengan pengembangan ilmu keperawatan dan kebidanan.

Pusat Informasi dan Konsultasi Kesehatan Reproduksi Remaja dan Keluarga Sakinah (PIK-KKRRKS) Annisaul Qawiyyah STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta merupakan organisasi kemahasiswaan STIKES ’Aisyiyah Yogyakarta yang mempunyai rangkaian kegiatan berupa memberikan Pomosi, Avokasi, KIE, Knseling, Pelayanan, dan kegiatan-kegiatan positif yang mendukung terbentuknya keluarga sakinah sesuai dengan visi keluarga berkualitas 2015 yang dicanangkan oleh Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pada tahun 2000.

Pembentukan organisasi kemahasiswaan atau unit kegiatan mahasiswa yang baru masih dimungkinkan dan semua itu ditujukan untuk mengembangkan kemampuan penalaran, menyalurkan bakat dan minat serta meningkatan kesejahteraan mahasiswa yang mungkin belum tercakup oleh lima organisasi kemahasiswaan yang sudah terbentuk. Semua mahasiswa STIKES ’Aisyiyah mempunyai kesempatan yang sama untuk ikut aktif dalam berbagai organisasi kemahasiswaan yang ada.

Pembinaan organisasi kemahasiswaan di tingkat Sekolah Tinggi adalah Ketua, tetapi secara operasional ditangani oleh Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Perkaderan dibantu oleh Koordinator Kemahasiswaan dan Penmaru. Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Perkaderan melakukan pembinaan secara umum kepada semua lembaga mahasiswa intra dan ekstra ditingkat STIKES, sedangkan Ketua Program Studi terbatas pada Himpunan Mahasiswa Program studi. Dalam prakteknya Ketua Program Studi dan Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Perkaderan akan selalu melakukan koordinasi.

Berita Terbaru

Statistik